SOAL UJIAN FORMATIF
PPG - PENDIDIKAN
PROFESI GURU TERINTEGRASI (PPGT)
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN FIS UNM
Petunjuk
Mengerjakan Soal:
1.
Tulislah
biodata saudara pada tempat yang telah disediakan!
2.
Sebelum
Anda mulai mengerjakan, bacalah petunjuk mengerjakan soal!
3.
Bacalah
semua soal dengan teliti sebelum Anda menjawab pertanyaan!
4.
Berilah
tanda silang (X) pada alternatif jawaban yang dianggap paling benar!
5.
Apabila
terjadi kekeliruan dalam menjawab dan Anda ingin menggantinya, berilah tanda
garis dua (=) pada jawaban yang dianggap salah kemudian berilah tanda silang
(X) pada jawaban yang dianggap paling benar!
SOAL:
A.
BIDANG KEAHLIAN PERKANTORAN
1.
Rangkaian kegiatan penyelenggaraan usaha kerja
sama sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu merupakan pengertian…
a. Administrasi
b. Perbekalan
c. Budaya organisasi
d. Ketiganya salah
2.
Apakah arti dari planning sebagai salah satu fungsi
manajemen
a. Kepribadian
b. Sikap
c. Perencanaan
d. Motivasi
3.
Adapun kesamaan ciri antara administrasi dan manajemen adalah, kecuali ....
a. Sekelompok orang
b. Tujuan bersama
c. Berlangsung dalam organisasi
d. Subordinasi
individu
4.
Penyempurnaan tata kerja mengacu pada pedoman yang perlu ditaati yakni,
kecuali:
a. Tata kerja dan ruangan hendaknya fleksibel
b. Pekerjaan dilaksanakan dengan cara termudah
c. Tidak mempermasalahkan span of control pimpinan
d. Tidak melakukan pekerjaan kembar
5.
Patokan keberhasilan pencapaian tujuan di dalam administrasi dan manajemen adalahaspek…
a. Rasionalitas
b. efisiensi
c. efektivitas
d. Semua opsi jawaban benar
6.
Kegiatan yang dilakukan dalam suatu wadah untuk
mencapai tujuan melalui kegiatan bersama orang lain adalah merupakan:
a. Definisi manajemen
b.
Pembuktian manajemen juga sebagai inti organisasi
c. Keduanya benar
d. Keduanya salah
7.
Manakah berikut ini sebagai bagian utama (inti)
dari manajemen?
a. Kepemimpinan
b. Kesekretarisan
c. Kehumasan
d. Organization and methode ( O & M )
8.
Apabila suatu pesan/informasi yang disampaikan
oleh komunikator mendapat respons (feedback) dari pihak penerima
pesan/informasi (komunikan), maka proses komunikasi tersebut dapat
dikateorikan…
a. Efisien
b. Efektif
c. Produktif
d. a, b dan c benar
9.
Jika seseorang bertanya, dimana Saudara
berkantor? Atau berkomentar “wah, kantor Saudara bagus sekali, dan terletak
dilantai dua”. Dari pertanyaan dan komentar tersebut dapat disimpulkan bahwa
yang dimaksud dengan kantor, adalah…
a. Pekerjaan atau kegiatan
b. Peralatan kerja
c. Pegawai atau Karyawan
d. Tempat atau gedung
10. Jika seseorang mengatakan:
“Wah, kantor ini bagaimana, surat sudah diterima sebulan yang lalu, sampai
sekarang belum juga memberi jawaban”. Yang dimaksud dengan kantor dalam hal ini
adalah…
a. Kegiatan yang dilakukan
b. Peralatan kerja yang digunakan
c. Pegawai atau karyawan yang bekerja
d. Gedung atau tempat bekerja
11. Pelaksanaan pekerjaan kantor dapat berpedoman pada dua azas yaitu
sentralisasi dan desentralisasi. Jika semua kegiatn kantor pada suatu
organisasi dilakukan oleh satu satuan organisasi disebut azas…
a. Desentralisasi
b. Sentralisasi
c. Semi desentralisasi
d. Semi sentralisasi
12. Berikut ini merupakan kelemahan dari penerapan azas desentralisasi
kegiatan kantor, kecuali…
a. Tidak efisien
b. Banyak membutuhkan peralatan dan tenaga kerja
c. Sulit mengadakan pengawasan
d. Kegiatan kantor yang memerlukan penanganan cepat akan mengalami
kelambatan
13. Berikut ini merupakan pernyataan yang menggambaran kegiatan kantor
yang kurang baik, kecuali…
a. Arsip yang diterima disimpan begitu saja agar teman yang mencari sulit
menemukannya
b. Penyimpanan arsip perlu sistematis dan rapi, sehingga surat dapat
ditemukan dengan cepat
c. Di kantor adalah tempat saya untuk memperbaiki sepeda motor
d. Menerima tamu dengan acuh tak acuh agar tamu menghormati saya
14. Berikut ini yang merupakan kegiatan kantor, kecuali…
a. Penerimaan tamu
b. Pelayanan telepon (informasi)
c. Surat menyurat
d. Penyelenggaraan pelatihan
15. Salah satu kegiatan kantor adalah penerimaan tamu. Dalam penerimaan
tamu kantor, yang perlu diperhatikan adalah kesan pertama tamu, yaitu…
a. Ruang tamu yang menyenangkan
b. Peralatan kantor yang mewah
c. Karyawan yang rajin
d. Makanan atau minuman yang disuguhkan
16. Pelayanan telepon merupakan salah satu kegiatan kantor. Apabila
pegawai kantor menerima telepon dari seseorang yang belum dikenalnya, maka
ucapan pembuka yang baik pada saat menerima telepon tersebut, adalah…
a. “Halo, siapa ini”?
b. “Halo, mau bicara dengan siapa”?
c. “Bagian kepegawaian, selamat pagi, ada yang perlu saya bantu”?
d. “Bagian kepegawaian, Akhmad disini, disitu siapa”?
17. Salah satu jenis surat ditinjau dari tujuannya, yaitu…
a. Surat keputusan
b. Surat biasa
c. Surat rahasia
d. Surat masuk
18. Salah satu jenis surat ditinjau dari prosedur pengurusannya, yaitu…
a. Surat keputusan
b. Surat biasa
c. Surat rahasia
d. Surat masuk
19. Salah satu jenis surat ditinjau dari keamanan isinya, yaitu…
a. Surat keputusan
b. Surat biasa
c. Surat rahasia
d. Surat masuk
20. Setiap baris pertama dan setiap alinea baru pada bagian isi surat,
dimulai pada garis margin kiri yang sama, selanjutnya baris kedua sampai baris
terakhir dari setiap alinea diketik pada ketukan ke 5 dari garis margin kiri
merupakan ciri-ciri bentuk surat…
a. Hanging Paraghrap Style
b. Semi Block Style
c. Indented Style
d. Block Style
21. Surat terdiri atas beberapa bagian, salah satu diantaranya adalah
kepala surat (heading, letter head),
fungsi kepala surat adalah…
a. Sebagai alat referensi
b. Sebagai alat pengenalan
c. Sebagai alat pengukur kegiatan
d. Sebagai petunjuk
22. Surat keluar dan surat masuk harus dicatat dalam buku yang disebut
buku agenda. Keterangan-keterangan yang perlu dicatat dalam buku agenda,
kecuali…
a. Nomor surat
b. Perihal
c. Lampiran surat
d. Tanggal surat
23. Dibawah ini dikemukakan beberapa syarat surat yang baik, kecuali…
a. Obyektif dan bukan subyektif
b. Diketik dengan komputer
c. Susunannya sistematis
d. Isinya lengkap
24. Lampiran surat berfungsi sebagai…
a. Sebagai alat referensi
b. Sebagai alat pengenalan
c. Sebagai alat pengukur jumlah kegiatan yang dilakukan
d. Sebagai petunjuk tentang dokumen yang harus disertakan bersama surat
tersebut
25. Surat terdiri atas beberapa bagian. Berikut ini yang bukan merupakan
bagian-bagian surat, adalah…
a. Kepala surat
b. Tanggal surat
c. Amplop surat
d. Perihal surat
26. Dalam mengelola dokumen kantor, ada kemungkinan satu surat mempunyai
dua indeks utama. Apabila terjadi hal yang demikian, maka hal yang harus
dilakukan adalah…
a. Mengindeks berdasarkan nama organisasinya
b. Mengindeks berdasarkan nama tempatnya
c. Mengindeks berdasarkan hal yang paling menonjol antara keduanya
d. Mengindeks berdasarkan subjeknya
27. Surat yang dalam penanganannya harus selalu dicatat dalam kartu
kendali adalah…
a. Surat pribadi
b. Surat rahasia
c. Surat rutin biasa
d. Surat penting
28. Surat yang mengandung kepentingan-kepentingan mengikat, sehingga
memerlukan tindak lanjut yang segera harus dilaksanakan merupakan ciri dari
surat…
a. Rahasia
b. Penting
c. Pribadi
d. Rutin
29. Berikut ini adalah beberapa faktor yang harus dipertimbangkan sebelum
membeli mesin-mesin kantor, kecuali…
a. Benar dibutuhkan
b. Nilai keindahan
c. Harganya murah
d. Jumlah dan nilai waktu yang dihemat
30. Sebelum membeli peralatan dan perabot kantor, maka hal yang perlu
diperhatikan adalah nilai dan kegunaan dari peralatan/perabot tersebut.
Misalnya; pengadaan kursi kerja, haruslah dibedakan antara kursi pimpinan
dengan kursi pegawai biasa. Kursi yang baik untuk ukuran pegawai biasa adalah…
a. Sebaiknya kursi itu tidak mempunyai lengan
b. Sebaiknya kursi dapat diatur tinggi rendahnya
c. Sebaiknya kursi mempunyai penyangga
d. Sebaiknya kursi disesuaikan dengan bentuk badan
31. Pengurusan atau pemeliharaan mesin-mesin kantor dapat dilakukan dengan
cara sebagai berikut, kecuali…
a. Kontrak pemeliharaan
b. Service perorangan
c. Service kantor
d. Option a, b, dan c benar
32. Salah satu alat kearsipan yang sering digunakan adalah map dengan
bermacam-macam bentuk dan ukuran. Sesuai dengan fungsi dan cara penggunaannya,
map dapat dibedakan menjadi 4 (empat) macam, kecuali…
a. Map biasa
b. Map karton
c. Map jepitan
d. Stopmap tali
33. Lembaran kertas tebal atau karton manila yang dipergunakan sebagai penunjuk
atau pemisah dalam penyimpanan arsip disebut…
a. Folder
b. Briefordner
c. Guide
d. Ordner
34. Pengamanan terhadap kertas arsip dapat dilakukan dengan berbagai cara,
antara lain…
a. Restorasi
b. Laminasi
c. Microfilm
d. Semua jawaban benar
35. Beberapa alat yang digunakan dalam penataan warkat/arsip dengan sistem
numeric agenda adalah sebagai berikut, kecuali…
a. Ordner
b. Buku agenda
c. Folder
d. Filing kabinet
36. Diakhir pelaksanaan suatu kegiatan kantor, pimpinan biasanya meminta
pegawai untuk menyampaikan laporan kegiatan, fungsi laporan adalah sebagai…
a. Pertanggungjawaban dan pengawasan
b. Penyampaian informasi
c. Bahan pengambilan keputusan
d. a, b, dan c benar
37. Berikut ini merupakan syarat-syarat laporan yang baik, kecuali…
a. Laporan harus benar dan objektif
b. Laporan harus jelas dan cermat
c. Laporan harus dilengkapi lampiran
d. Laporan harus langsung mengenai sasaran
38. Teknologi komputer berpengaruh terhadap pekerjaan kantor. Implikasi
teknologi komputer dapat memberi keuntungan kepada pegawai, yaitu…
a. Mendorong untuk mempelajari keterampilan baru
b. Lebih mempermudah dan mempercepat pekerjaan
c. Memudahkan dalam memperbaiki kesalahan
d. a, b, dan c benar
39. Peralatan pendukung agar dapat terlaksananya pengopersian komputer
adalah sebagai berikut, kecuali…
a. Hardware
b. Software
c. System Analist
d. Brainware
40. Program komputer yang digunakan untuk pelaksanaan tugas kantor
khususnya untuk penulisan surat-surat dan tabel sederhana, disebut…
a. Microsoft Word
b. Microsoft Exel
c. Microsoft Power Point
d. Internet
41. Program komputer yang digunakan untuk pelaksanaan tugas kantor yang
berwujud tabel-tabel yang disertai dengan angka-angka yang memerlukan banyak
perhitungan, disebut…
a. Microsoft Word
b. Microsoft Exel
c. Microsoft Power Point
d. Internet
42. Pada saat mengetik surat, biasanya terjadi kesalahan ketikan. Tombol
yang digunakan untuk menghapus huruf yang salah disebelah kiri kursor, disebut…
a. Delete
b. Backspace
c. Shift
d. Caps Lock
43. Pada saat mengetik surat, biasanya terjadi kesalahan ketikan. Tombol
yang digunakan untuk menghapus huruf yang salah disebelah kanan kursor,
disebut…
a. Delete
b. Backspace
c. Shift
d. Caps Lock
44. Software pada komputer berfungsi sebagai pengatur agar komputer dapat bekerja
sebagaimana mestinya. Yang termasuk software
di bawah ini, adalah…
a. Operating system (OS)
b. Central Proceccing Unit
(CPU)
c. Input Unit
d. Printer
45. Alat yang digunakan untuk mencetak hasil ketikan surat-surat kantor
yang menggunakan komputer, disebut…
a. Calculator
b. Central Proceccing Unit
c. Printer
d. Kertas HVS
46. Dokumen yang harus disipakan oleh perusahaan untuk melakukan perjalanan dinas, salah satunya adalah ...
a. Visa
b. Paspor
c. Surat tugas
d. Yellow Card
47. Hal-hal yang harus dipersiapkan untuk menyelenggarakan rapat yaitu ...
a. Kesimpulan rapat, ketua rapat, akomodasi, dan tujuan rapat
b. Akomodasi, tujuan rapat, acara rapat, dan penentuan tempat
c. Acara rapat, penentuan tempat, kesimpulan rapat, adanya notulen
d. Hindarkan debat kusir, acara rapat, ketua rapat, dan tujuan rapat
48.
Rapatyangbertujuanuntukmencaripemecahanmasalahyangsedangdihadapisuatu
organisasi,termasukdalamjenisrapat ...
a. Rapat formal
b. Rapat informal
c. Rapat pemecahan masalah
d. Rapat kerja
49. Dalam prosedur pengurusan surat keluar, kartu kendali tiga surat keluar disimpan oleh ...
a. Pengirim surat
b. Pencatat surat
c. Pengarah surat
d. Tata Usaha Pengolah
50. Azaspengelolaanarsipdimanasetiapunitkerjamenyimpan,mengendalikandanmengelolasepenuhnyaseluruhkearsipannya,baikarsipdinamisaktifmaupun arsipdinamisinaktif,yaituazas ...
a. Desentralisasi
b. Sentralisasi
c. Gabungan
d. Kombinasi
51. Azas pengelolaan arsip
1) Sistem penyimpanan arsip yang diterapkan seragam
2) Efisiensi dalam sarana peralatan dan ruangan
3) Memperkecil adanya duplikasi
4) Pelaksanaan penyusutan arsip akan lebih terkoordinir
Karakteristik di atas adalah keruntungan dari azas pengelolaan arsip ...
a. Desentralisasi
b. Sentralisasi
c. Gabungan
d. Kombinasi
52. Kotak yang dipergunakan untuk menyimpan berbagai arsip atau warkat disebut ...
a. Cardex (card index)
b. Berkas kotak (box file)
c. Filing cabinet (file cabinet)
d. Rak arsip
53. Lipatankertastebal/kartonmanilaberbentuksegiempatpanjangyanggunanyauntukmenyimpanataumenempatkanarsip,atausatukelompokarsipdidalamfillingcabinet disebut ...
a. Guide
b. Folder
c. Map
d. Berkas kotak (box file)
54. Penyimpanan arsip berdasarkan indeks wilayah pada surat koresponden disebut sistem ...
a. Geografi
b. Nomor
c. Abjad
d. Kronologi
55. Yang dimaksud dengan penyimpanan arsip sistem abjad ialah ...
a. Penyimpanan berdasarkan indeks tanggal warkat atau pencatatan
b. Penyimpanan berdasarkan indeks nama koresponden
c. Penyimpanan berdasarkan indeks nomor warkat
d. Penyimpanan berdasarkan indeks alamat koresponden
56. Dalam penyusutan arsip, penyusunan berkas arsip berdasarkan kesamaan jenis disebut ...
a. Daftar keterangan arsip
b. Seri
c. Dosir
d. Rubrik
57. Langkah-langkah menangani telepon keluar
A. Sediakan pensil dan kertas untuk catatan seperlunya
B.
Bicara secara singkat, sopan danjangan bicara yang bukan-bukan
C.
Kalau dipanggil terdengar mengangkat telepon, katakanlah nama kantor atau instansidan nomor telepon yang kita kehendaki
D. Siapkannomorteleponyangdikehendaki,janganmengangkatteleponsebelumnomor
Telepondiketahui
E.
Jikapembicaraankurangmemuaskankarenaadagangguantelepon,janganmengetuk-ngetukpintukaittelepon
F.
Setelahdiangkat,dengarkannadapilihnadabarulahmemutarnomorteleponyang dikehendaki
G. Jikapembicaraansudahhabis,letakkanteleponsecaraperlahandanjangnasampaidalamkeadaanmiring
Penyusunan langkah-langkah menangani telepon keluar yang benar ialah ...
a. 1,2,3,4,5,6 dan 7
b. 1,3,5,4,2,6 dan 7
c. 1,4,3,6,2,5 dan 7
d. 1,4,6,3,2,5 dan 7
58. Langkah-langkah menangani telepon masuk:
1) Mencatat segala pesan atau permintaan penelepon dengan penuh perhatian
2)Begituteleponberdering,sekretarsiharussegeramengangkatdanjanganmembiarkan teleponberderinglebihdari 3 kali
3) Angkat telepon dengan tangan kiri sedangkan tangan kanan memegang alat tulis
4) Menutup telepon setelah penelepon memutuskan hubungan terlebih dahulu
5) Menjawab telepon hendaknya singkat
Penyusunan langkah-langkah penanganan telepon masuk yang benar ialah ...
a. 2,4,5,3 dan 1
b. 2,3,5,1 dan 4
c. 2,1,5,3 dan 4
d. 2,4,1,5 dan 3
59. Dalamotomatisasikantor,aplikasiyangpelaksanaannyadapatdengancaraone wayvideodantwo-wayaudioadalah ciri dari aplikasi ...
a. Computer conferencing
b. Video conferencing
c. Audio conferencing
d. Electronic and voice mail
60.
Salahsatuperalatanmicrofilmyangberfungsiuntukmenggandakanataumembuatcopyfilmadalah ...
a. Camera
b. Processor
c. Duplicator
d. Reader
61. Dibawah ini yang bukan merupakan metode pemeliharaan peralatan kantor ialah ...
a. Kontrak layanan dengan pabrik atau perusahaan layanan
b. Layanan oleh departemen layanan internal perusahaan
c. Layanan oleh pegawai perusahaan
d. Menggunakan perwakilan layanan pabrik per-panggilan tanpa kontrak
62. Segalaupayauntukmengendalikanrisikoyangberkaitandengankegiatankerjagunaterciptanya
tempatkerja yang aman, efisien danproduktif adalah pengertian ...
a. Keselamatan kerja
b. Kesehatan kerja
c. Keselamatan dan kesehatan kerja
d. Ketertiban kerja
63. Tujuan dari keselamatan dan kesehatan kerja yang diadakan perusahaan yaitu ...
a. Mempertahankan kenyamanan kerja
b. Pengawasan yang konsekuen
c. Kesederhanaan alur prosedur kerja
d. Memperbanyak karyawan
64. Unsur-unsur
1) Kesederhanaan alur prosedur kerja
2) Ketertiban pelaksanaan yang berkesinambungan dan
3) Pengawasan yang konsekuen
Pernyataan diatas termasuk kedalam unsur ...
a. Tujuan K3
b. Supervisi K3
c. Program K3
d. Prinsip K3
65. Yang bukan merupakan unsur-unsur pendukung kesehatan kerja ialah ...
a. Usia
b. Asuransi
c. Tenaga kesehatan
d. Peralatan medis
66. Salah satu cara memilih jenis pakaian kerja yang aman ialah ...
a. Memilih bahan dengan teliti, cari bahan yang nyaman dipakai
b. Memakai celana yang terlalu panjang
c. Memakai aksesoris saat bekerja di dalam bengkel atau ruang produksi
d. Memilih model pakaian yang longgar
67. Meliputikeselamatanpsikologisberupatekananemosi,kelelahanataukonflikjiwayangtak selesaimerupakandefinisidari ...
a. Tafsiran operasional
b. Tafsiran fungsional
c. Tafsiran lingkungan
d. Tafsiran psikologis
68. Cara menangani luka
1) Pastikan luka telihat
2) Bersihkan daerah luka
3) Balut dan tekan
4) Cegah kontaminasi lanjut
Hal diatas yang temasuk cara manangani luka terbuka ialah ...
a. 1,2 dan 4
b. 2,3 dan 4
c. 1,2 dan 3
d. 2,3 dan 4
69. Berikut ini yang bukan cara penanggulangan luka tertutup yang benar ialah ...
a. Cegah kontaminasi lanjutan
b. Istirahatkan anggota gerak
c. Barikan kompres dingin
d. Balut dan tekan
70. Dalam pengaruh lingkungan hidup, yang bukan akibat dari bahan kimia ialah ...
a. Terkena demam dan flu
b. Gangguan metabolisme tubuh
c. Gangguan saluran pencernaan
d. Keracunan kronis
B. BIDANG
PEMBELAJARAN
71. Kurikulum 2013
Sekolah Menengah Kejuruan ditetapkan melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan nomor:
a. 57 Tahun 2014
b. 58 Tahun 2014
c. 59 Tahun 2014
d. 60 Tahun 2014.
72. Tingkat kemampuan
untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik sekolah menengah kejuruan pada setiap tingkat kelas, disebut:
a. Kompetensi inti.
b. Kompetensi dasar
c. Standar kompetensi
d. Struktur kurikulum
73. Kompetensi Inti pada Kurikulum 2013 terdiri atas, kecuali:
a. Kompetensi Inti sikap spiritual
b. Kompetensi Inti sikap sosial
c. Kompetensi Inti pengetahuan
d. Kompetensi Inti pemahaman.
74. Kemampuan dan muatan
pembelajaran untuk suatu mata pelajaran pada sekolah menengah kejuruan yang
mengacu pada Kompetensi Inti, disebut:
a. Kompetensi dasar.
b. Kompetensi inti
c. Kompetensi lulusan
d. Kompetensi
paedagogik
75. Kompetensi Dasar pada Kurikulum 2013 merupakan penjabaran dari Kompetensi Inti yang terdiri
atas, kecuali:
a. Kompetensi
Dasar sikap spiritual
b. Kompetensi Dasar sikap sosial
c. Kompetensi
Dasar kepribadian.
d. Kompetensi Dasar keterampilan
76. Mata pelajaran
Administrasi Perkantoran adalah kelompok mata pelajaran dasar kejuruan:
a. Teknologi dan
rekayasa
b. Pariwisata
c. Bisnis dan
manajemen.
d. Agrobisnis
77. Rencana pembelajaran pada suatu mata pelajaran yang mencakup Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, materi pembelajaran, kegiatan
pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan sumber
belajar, disebut:
a. Kurikulum
b. Silabus.
c. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
d. Satuan Pelajaran (SP)
78. Silabus digunakan
oleh pendidik sebagai acuan
dalam penyusunan:
a. Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP).
b. Kurikulum
c. Kompetensi Inti (KI)
d. Kompetensi Dasar (KD)
79. Pedoman Mata Pelajaran merupakan profil
utuh mata pelajaran yang berisi tentang, kecuali:
a. Latar belakang dan
karakteristik mata pelajaran
b. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar mata pelajaran
c. Desain
pembelajaran, model pembelajaran, penilaian, media dan sumber belajar
d. Strategi pembelajaran dan metode
pembelajaran.
80. Pedoman Mata Pelajaran digunakan oleh pendidik untuk:
a. Acuan dalam penyusunan
dan penerapan rencana pelaksanaan pembelajaran.
b. Acuan dalam penyusunan standar kompetensi
c. Acuan dalam penyusunan kompetensi dasar
d. Acuan dalam penyusunan kompetensi inti
81. Jenjang terakhir
tujuan pembelajaran dan ranah yang telah direvisi.
a. menilai
b. mencipta
c. mensintesis
d. menganalisis
82. Komponen pertama
Pengembangan Silabus dan RPP
a. Tujuan
b. Materi
c. Strategi
d. Evaluasi
83. Perumusan standar
kompetensi, kompetensi dasar dan indikator harus menggunakan kata kerja yang
bersifat operasional, kecuali:
a. Membaca
b. Menyanyi
c. Menguasai
d. Menjawab
84. Langkah-langkah
pembelajaran dikembangkan berdasarkan:
a. Strategi
pembelajaran
b. Pendekatan
pembelajaran
c. Metode
pembelajaran
d. Teknik
pembelajaran
85. Manakah
yang tergolong materi fakta ?
a.
Peristiwa gempa bumi
b.
Hukum Archimedes
c.
Prosedur menabung
d.
Ciri-ciri makhluk hidup
86. Pengembangan
Silabus dan penyusunan RPP merupakan dokumen pengembangan KTSP sesuai
PerMenDikNas.
a.
Nomor 14 Tahun 2007
b.
Nomor 41 Tahun 2005
c.
Nomor 14 Tahun 2005
d.
Nomor 41 Tahun 2007
87. Kegiatan
inti pembelajaran yang dikembangkan dalam RPP, kecuali:
a.
Eksplorasi
b.
Elaborasi
c.
Konfirmasi
d.
Refleksi
88. Komponen
silabus dan RPP yang bukan komponen pengembangan:
a.
Identitas mata pelajaran
b.
Indikator
c.
Sumber referensi
d.
Alokasi waktu
89. Fungsi
bahan ajar modul/LKS
a.
untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
b.
untuk meningkatkan hasil belajar siswa
c.
untuk mengisi waktu luang siswa
d.
untuk menambah waktu belajar siswa
90. Manakah
bahan ajar yang lengkap dan dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dalam
mencapai tujuan pembelajaran ?
a.
Buku
b.
Video
c.
Modul
d.
Surat kabar
91. Syarat-syarat
penulisan LKS , kecuali:
a.
sesuai dengan silabus dan RPP
b.
tersedia tipe tugas atau latihan
c.
mudah dipahami siswa
d.
alur penyajian tidak sistematis
92. Media
pembelajaran dalam sistem komunikasi merupakan komponen:
a.
Sumber
b.
Pesan
c.
Saluran
d.
Penerima
93. Kriteria
utama dalam memilih media:
a.
Kemampuan media
b.
Tujuan pembelajaran
c.
Jumlah siswa
d.
Kemudahan penggunaan
94. Media
yang merupakan objek pengganti, kecuali:
a.
Mock up
b.
Simulator
c.
Model
d.
Realia
95. Kriteria
pertama pemilihan media yang berbasis teknologi komputer
a.
Akses
b.
Biaya
c.
Kemudahan penggunaan
d.
Kecepatan
96. Komponen
media yang dibuat sendiri oleh guru, kecuali:
a.
Tujuan
b.
Materi
c.
Strategi
d.
Evaluasi
97. Manfaat
media pembelajaran kecuali:
a.
Meningkatkan perhatian siswa
b.
Memberikan kesamaan persepsi materi pembelajaran
c.
Memberikan hiburan kepada siswa
d.
Memberikan rangsangan pada indera siswa.
98. Tes
objektif seperti pilihan ganda dikategorikan metode penilaian:
a.
kognitif
b.
afektif
c.
psikomotorik
d.
tertulis
99. Teknik
penilaian hasil belajar untuk mengukur penguasaan kompetensi siswa secara
alamiah, kecuali:
a.
skala penilaian diri sendiri
b.
lembar observasi
c.
skala sikap
d.
daftar pertanyaan
100.Bentuk kinerja siswa yang dapat
dinilai, kecuali:
a.
portofolio
b.
hasil karya
c.
proyek
d.
kognisi
demikianlah soal diatas semoga bermanfaat bagi kita semua, salam sukses iringilah setiap usaha dengan doa, lakukanlah yang terbaik untuk negeri dan bangsamu ini..
0 comments:
Post a Comment