Thursday 26 October 2017

SOAL BIDANG KEAHLIAN PPG SMK PERKANTORAN




SOAL UJIAN FORMATIF
PPG - PENDIDIKAN PROFESI GURU TERINTEGRASI (PPGT)
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN FIS UNM

 

Petunjuk Mengerjakan Soal:
1.        Tulislah biodata saudara pada tempat yang telah disediakan!
2.        Sebelum Anda mulai mengerjakan, bacalah petunjuk mengerjakan soal!
3.        Bacalah semua soal dengan teliti sebelum Anda menjawab pertanyaan!
4.        Berilah tanda silang (X) pada alternatif jawaban yang dianggap paling benar!
5.        Apabila terjadi kekeliruan dalam menjawab dan Anda ingin menggantinya, berilah tanda garis dua (=) pada jawaban yang dianggap salah kemudian berilah tanda silang (X) pada jawaban yang dianggap paling benar!

SOAL:

A.       BIDANG KEAHLIAN  PERKANTORAN

1.         Rangkaian kegiatan penyelenggaraan usaha kerja sama sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu merupakan pengertian…
a.    Administrasi
b.    Perbekalan
c.    Budaya organisasi
d.   Ketiganya salah

2.        Apakah arti dari planning sebagai salah satu fungsi manajemen
a.    Kepribadian
b.    Sikap
c.    Perencanaan
d.   Motivasi

3.        Adapun kesamaan ciri antara administrasi dan manajemen adalah, kecuali ....
a.    Sekelompok orang
b.    Tujuan bersama
c.    Berlangsung dalam organisasi
d.   Subordinasi individu

4.        Penyempurnaan tata kerja mengacu pada pedoman yang perlu ditaati yakni, kecuali:
a.    Tata kerja dan ruangan hendaknya fleksibel
b.    Pekerjaan dilaksanakan dengan cara termudah
c.    Tidak mempermasalahkan span of control pimpinan
d.   Tidak melakukan pekerjaan kembar

5.        Patokan keberhasilan pencapaian tujuan di dalam administrasi dan manajemen adalahaspek…
a.    Rasionalitas
b.    efisiensi
c.    efektivitas
d.   Semua opsi jawaban benar

6.        Kegiatan yang dilakukan dalam suatu wadah untuk mencapai tujuan melalui kegiatan bersama orang lain adalah merupakan:
a.    Definisi manajemen
b.    Pembuktian manajemen juga sebagai inti organisasi
c.    Keduanya benar
d.   Keduanya salah

7.        Manakah berikut ini sebagai bagian utama (inti) dari manajemen?
a.    Kepemimpinan
b.    Kesekretarisan
c.    Kehumasan
d.   Organization and methode ( O & M )

8.        Apabila suatu pesan/informasi yang disampaikan oleh komunikator mendapat respons  (feedback) dari pihak penerima pesan/informasi (komunikan), maka proses komunikasi tersebut dapat dikateorikan…
a.    Efisien
b.    Efektif
c.    Produktif
d.   a, b dan c benar

9.        Jika seseorang bertanya, dimana Saudara berkantor? Atau berkomentar “wah, kantor Saudara bagus sekali, dan terletak dilantai dua”. Dari pertanyaan dan komentar tersebut dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan kantor, adalah…
a.    Pekerjaan atau kegiatan
b.    Peralatan kerja
c.    Pegawai atau Karyawan
d.   Tempat atau gedung

10.     Jika seseorang mengatakan: “Wah, kantor ini bagaimana, surat sudah diterima sebulan yang lalu, sampai sekarang belum juga memberi jawaban”. Yang dimaksud dengan kantor dalam hal ini adalah…
a.    Kegiatan yang dilakukan
b.    Peralatan kerja yang digunakan
c.    Pegawai atau karyawan yang bekerja
d.   Gedung atau tempat bekerja

11.    Pelaksanaan pekerjaan kantor dapat berpedoman pada dua azas yaitu sentralisasi dan desentralisasi. Jika semua kegiatn kantor pada suatu organisasi dilakukan oleh satu satuan organisasi disebut azas…
a.    Desentralisasi
b.    Sentralisasi
c.    Semi desentralisasi
d.   Semi sentralisasi

12.    Berikut ini merupakan kelemahan dari penerapan azas desentralisasi kegiatan kantor, kecuali…
a.    Tidak efisien
b.    Banyak membutuhkan peralatan dan tenaga kerja
c.    Sulit mengadakan pengawasan
d.   Kegiatan kantor yang memerlukan penanganan cepat akan mengalami kelambatan

13.    Berikut ini merupakan pernyataan yang menggambaran kegiatan kantor yang kurang baik, kecuali…
a.    Arsip yang diterima disimpan begitu saja agar teman yang mencari sulit menemukannya
b.    Penyimpanan arsip perlu sistematis dan rapi, sehingga surat dapat ditemukan dengan cepat
c.    Di kantor adalah tempat saya untuk memperbaiki sepeda motor
d.   Menerima tamu dengan acuh tak acuh agar tamu menghormati saya

14.    Berikut ini yang merupakan kegiatan kantor, kecuali…
a.    Penerimaan tamu
b.    Pelayanan telepon (informasi)
c.    Surat menyurat
d.   Penyelenggaraan pelatihan

15.    Salah satu kegiatan kantor adalah penerimaan tamu. Dalam penerimaan tamu kantor, yang perlu diperhatikan adalah kesan pertama tamu, yaitu…
a.    Ruang tamu yang menyenangkan
b.    Peralatan kantor yang mewah
c.    Karyawan yang rajin
d.   Makanan atau minuman yang disuguhkan

16.    Pelayanan telepon merupakan salah satu kegiatan kantor. Apabila pegawai kantor menerima telepon dari seseorang yang belum dikenalnya, maka ucapan pembuka yang baik pada saat menerima telepon tersebut, adalah…
a.    “Halo, siapa ini”?
b.    “Halo, mau bicara dengan siapa”?
c.    “Bagian kepegawaian, selamat pagi, ada yang perlu saya bantu”?
d.   “Bagian kepegawaian, Akhmad disini, disitu siapa”?

17.    Salah satu jenis surat ditinjau dari tujuannya, yaitu…
a.    Surat keputusan
b.    Surat biasa
c.    Surat rahasia
d.   Surat masuk

18.    Salah satu jenis surat ditinjau dari prosedur pengurusannya, yaitu…
a.    Surat keputusan
b.    Surat biasa
c.    Surat rahasia
d.   Surat masuk

19.    Salah satu jenis surat ditinjau dari keamanan isinya, yaitu…
a.    Surat keputusan
b.    Surat biasa
c.    Surat rahasia
d.   Surat masuk

20.    Setiap baris pertama dan setiap alinea baru pada bagian isi surat, dimulai pada garis margin kiri yang sama, selanjutnya baris kedua sampai baris terakhir dari setiap alinea diketik pada ketukan ke 5 dari garis margin kiri merupakan ciri-ciri bentuk surat…
a.    Hanging Paraghrap Style
b.    Semi Block Style
c.    Indented Style
d.   Block Style

21.    Surat terdiri atas beberapa bagian, salah satu diantaranya adalah kepala surat (heading, letter head), fungsi kepala surat adalah…
a.    Sebagai alat referensi
b.    Sebagai alat pengenalan
c.    Sebagai alat pengukur kegiatan
d.   Sebagai petunjuk

22.    Surat keluar dan surat masuk harus dicatat dalam buku yang disebut buku agenda. Keterangan-keterangan yang perlu dicatat dalam buku agenda, kecuali…
a.    Nomor surat
b.    Perihal
c.    Lampiran surat
d.   Tanggal surat

23.    Dibawah ini dikemukakan beberapa syarat surat yang baik, kecuali…
a.    Obyektif dan bukan subyektif
b.    Diketik dengan komputer
c.    Susunannya sistematis
d.   Isinya lengkap


24.    Lampiran surat berfungsi sebagai…
a.    Sebagai alat referensi
b.    Sebagai alat pengenalan
c.    Sebagai alat pengukur jumlah kegiatan yang dilakukan
d.   Sebagai petunjuk tentang dokumen yang harus disertakan bersama surat tersebut

25.    Surat terdiri atas beberapa bagian. Berikut ini yang bukan merupakan bagian-bagian surat, adalah…
a.    Kepala surat
b.    Tanggal surat
c.    Amplop surat
d.   Perihal surat

26.    Dalam mengelola dokumen kantor, ada kemungkinan satu surat mempunyai dua indeks utama. Apabila terjadi hal yang demikian, maka hal yang harus dilakukan adalah…
a.    Mengindeks berdasarkan nama organisasinya
b.    Mengindeks berdasarkan nama tempatnya
c.    Mengindeks berdasarkan hal yang paling menonjol antara keduanya
d.   Mengindeks berdasarkan subjeknya

27.    Surat yang dalam penanganannya harus selalu dicatat dalam kartu kendali adalah…
a.    Surat pribadi
b.    Surat rahasia
c.    Surat rutin biasa
d.   Surat penting

28.    Surat yang mengandung kepentingan-kepentingan mengikat, sehingga memerlukan tindak lanjut yang segera harus dilaksanakan merupakan ciri dari surat…
a.    Rahasia
b.    Penting
c.    Pribadi
d.   Rutin

29.    Berikut ini adalah beberapa faktor yang harus dipertimbangkan sebelum membeli mesin-mesin kantor, kecuali…
a.    Benar dibutuhkan
b.    Nilai keindahan
c.    Harganya murah
d.   Jumlah dan nilai waktu yang dihemat

30.    Sebelum membeli peralatan dan perabot kantor, maka hal yang perlu diperhatikan adalah nilai dan kegunaan dari peralatan/perabot tersebut. Misalnya; pengadaan kursi kerja, haruslah dibedakan antara kursi pimpinan dengan kursi pegawai biasa. Kursi yang baik untuk ukuran pegawai biasa adalah…
a.    Sebaiknya kursi itu tidak mempunyai lengan
b.    Sebaiknya kursi dapat diatur tinggi rendahnya
c.    Sebaiknya kursi mempunyai penyangga
d.   Sebaiknya kursi disesuaikan dengan bentuk badan

31.    Pengurusan atau pemeliharaan mesin-mesin kantor dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut, kecuali…
a.    Kontrak pemeliharaan
b.    Service perorangan
c.    Service kantor
d.   Option a, b, dan c benar

32.    Salah satu alat kearsipan yang sering digunakan adalah map dengan bermacam-macam bentuk dan ukuran. Sesuai dengan fungsi dan cara penggunaannya, map dapat dibedakan menjadi 4 (empat) macam, kecuali…
a.    Map biasa
b.    Map karton
c.    Map jepitan
d.   Stopmap tali

33.    Lembaran kertas tebal atau karton manila yang dipergunakan sebagai penunjuk atau pemisah dalam penyimpanan arsip disebut…
a.    Folder
b.    Briefordner
c.    Guide
d.   Ordner


34.    Pengamanan terhadap kertas arsip dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain…
a.    Restorasi
b.    Laminasi
c.    Microfilm
d.   Semua jawaban benar

35.    Beberapa alat yang digunakan dalam penataan warkat/arsip dengan sistem numeric agenda adalah sebagai berikut, kecuali…
a.    Ordner
b.    Buku  agenda
c.    Folder
d.   Filing kabinet

36.    Diakhir pelaksanaan suatu kegiatan kantor, pimpinan biasanya meminta pegawai untuk menyampaikan laporan kegiatan, fungsi laporan adalah sebagai…
a.    Pertanggungjawaban dan pengawasan
b.    Penyampaian informasi
c.    Bahan pengambilan keputusan
d.   a, b, dan c benar

37.    Berikut ini merupakan syarat-syarat laporan yang baik, kecuali…
a.    Laporan harus benar dan objektif
b.    Laporan harus jelas dan cermat
c.    Laporan harus dilengkapi lampiran
d.   Laporan harus langsung mengenai sasaran

38.    Teknologi komputer berpengaruh terhadap pekerjaan kantor. Implikasi teknologi komputer dapat memberi keuntungan kepada pegawai, yaitu…
a.    Mendorong untuk mempelajari keterampilan baru
b.    Lebih mempermudah dan mempercepat pekerjaan
c.    Memudahkan dalam memperbaiki kesalahan
d.   a, b, dan c benar

39.    Peralatan pendukung agar dapat terlaksananya pengopersian komputer adalah sebagai berikut, kecuali…
a.    Hardware
b.    Software
c.    System Analist
d.   Brainware

40.    Program komputer yang digunakan untuk pelaksanaan tugas kantor khususnya untuk penulisan surat-surat dan tabel sederhana, disebut…
a.    Microsoft Word
b.    Microsoft Exel
c.    Microsoft Power Point
d.   Internet

41.    Program komputer yang digunakan untuk pelaksanaan tugas kantor yang berwujud tabel-tabel yang disertai dengan angka-angka yang memerlukan banyak perhitungan, disebut…
a.    Microsoft Word
b.    Microsoft Exel
c.    Microsoft Power Point
d.   Internet

42.    Pada saat mengetik surat, biasanya terjadi kesalahan ketikan. Tombol yang digunakan untuk menghapus huruf yang salah disebelah kiri kursor, disebut…
a.    Delete
b.    Backspace
c.    Shift
d.   Caps Lock

43.    Pada saat mengetik surat, biasanya terjadi kesalahan ketikan. Tombol yang digunakan untuk menghapus huruf yang salah disebelah kanan kursor, disebut…
a.    Delete
b.    Backspace
c.    Shift
d.   Caps Lock

44.    Software pada komputer berfungsi sebagai pengatur agar komputer dapat bekerja sebagaimana mestinya. Yang termasuk software di bawah ini, adalah…
a.    Operating system (OS)
b.    Central Proceccing Unit (CPU)
c.    Input Unit
d.   Printer

45.    Alat yang digunakan untuk mencetak hasil ketikan surat-surat kantor yang menggunakan komputer, disebut…
a.    Calculator
b.    Central Proceccing Unit
c.    Printer
d.   Kertas HVS

46.    Dokumen   yang   harus   disipakan   oleh   perusahaan   untuk   melakukan   perjalanan   dinas,   salah satunya adalah ...
a.  Visa
b.  Paspor
c.   Surat tugas
d.  Yellow Card

47.    Hal-hal yang harus dipersiapkan untuk menyelenggarakan rapat yaitu ...
a.  Kesimpulan rapat, ketua rapat, akomodasi, dan tujuan rapat
b.  Akomodasi, tujuan rapat, acara rapat, dan penentuan tempat
c.   Acara rapat, penentuan tempat, kesimpulan rapat, adanya notulen
d.  Hindarkan debat kusir, acara rapat, ketua rapat, dan tujuan rapat

48.    Rapatyangbertujuanuntukmencaripemecahanmasalahyangsedangdihadapisuatu organisasi,termasukdalamjenisrapat ...
a.  Rapat formal
b.  Rapat informal
c.   Rapat pemecahan masalah
d.  Rapat kerja

49.    Dalam prosedur pengurusan surat keluar, kartu kendali tiga surat keluar disimpan oleh ...
a.  Pengirim surat
b.  Pencatat surat
c.   Pengarah surat
d.  Tata Usaha Pengolah

50.    Azaspengelolaanarsipdimanasetiapunitkerjamenyimpan,mengendalikandanmengelolasepenuhnyaseluruhkearsipannya,baikarsipdinamisaktifmaupun arsipdinamisinaktif,yaituazas ...
a.  Desentralisasi
b.  Sentralisasi
c.   Gabungan
d.  Kombinasi

51.    Azas pengelolaan arsip
1)  Sistem penyimpanan arsip yang diterapkan seragam
2)  Efisiensi dalam sarana peralatan dan ruangan
3)  Memperkecil adanya duplikasi
4)  Pelaksanaan penyusutan arsip akan lebih terkoordinir
Karakteristik di atas adalah keruntungan dari azas pengelolaan arsip ...
a.  Desentralisasi
b.  Sentralisasi
c.   Gabungan
d.  Kombinasi

52.    Kotak yang dipergunakan untuk menyimpan berbagai arsip atau warkat disebut ...
a.  Cardex (card index)
b.  Berkas kotak (box file)
c.   Filing cabinet (file cabinet)
d.  Rak arsip

53.    Lipatankertastebal/kartonmanilaberbentuksegiempatpanjangyanggunanyauntukmenyimpanataumenempatkanarsip,atausatukelompokarsipdidalamfillingcabinet disebut ...
a.  Guide
b.  Folder
c.   Map
d.  Berkas kotak (box file)

54.    Penyimpanan arsip berdasarkan indeks wilayah pada surat koresponden disebut sistem ...
a.  Geografi
b.  Nomor
c.   Abjad
d.  Kronologi

55.    Yang dimaksud dengan penyimpanan arsip sistem abjad ialah ...
a.  Penyimpanan berdasarkan indeks tanggal warkat atau pencatatan
b.  Penyimpanan berdasarkan indeks nama koresponden
c.   Penyimpanan berdasarkan indeks nomor warkat
d.  Penyimpanan berdasarkan indeks alamat koresponden

56.    Dalam penyusutan arsip, penyusunan berkas arsip berdasarkan kesamaan jenis disebut ...
a.  Daftar keterangan arsip
b.  Seri
c.   Dosir
d.  Rubrik

57.    Langkah-langkah menangani telepon keluar
A.  Sediakan pensil dan kertas untuk catatan seperlunya
B.   Bicara secara singkat, sopan danjangan bicara yang bukan-bukan
C.   Kalau  dipanggil  terdengar  mengangkat  telepon,  katakanlah  nama  kantor  atau  instansidan nomor telepon yang kita kehendaki
D.  Siapkannomorteleponyangdikehendaki,janganmengangkatteleponsebelumnomor
Telepondiketahui
E.   Jikapembicaraankurangmemuaskankarenaadagangguantelepon,janganmengetuk-ngetukpintukaittelepon
F.    Setelahdiangkat,dengarkannadapilihnadabarulahmemutarnomorteleponyang dikehendaki
G.  Jikapembicaraansudahhabis,letakkanteleponsecaraperlahandanjangnasampaidalamkeadaanmiring
Penyusunan langkah-langkah menangani telepon keluar yang benar ialah ...
a.  1,2,3,4,5,6 dan 7
b.  1,3,5,4,2,6 dan 7
c.   1,4,3,6,2,5 dan 7
d.  1,4,6,3,2,5 dan 7

58.    Langkah-langkah menangani telepon masuk:
1)  Mencatat segala pesan atau permintaan penelepon dengan penuh perhatian
2)Begituteleponberdering,sekretarsiharussegeramengangkatdanjanganmembiarkan teleponberderinglebihdari 3 kali
3)  Angkat telepon dengan tangan kiri sedangkan tangan kanan memegang alat tulis
4)  Menutup telepon setelah penelepon memutuskan hubungan terlebih dahulu
5)  Menjawab telepon hendaknya singkat
Penyusunan langkah-langkah penanganan telepon masuk yang benar ialah ...
a.  2,4,5,3 dan 1
b.  2,3,5,1 dan 4
c.   2,1,5,3 dan 4
d.  2,4,1,5 dan 3

59.    Dalamotomatisasikantor,aplikasiyangpelaksanaannyadapatdengancaraone wayvideodantwo-wayaudioadalah ciri dari aplikasi ...
a.  Computer conferencing
b.  Video conferencing
c.  Audio conferencing
d.  Electronic and voice mail

60.    Salahsatuperalatanmicrofilmyangberfungsiuntukmenggandakanataumembuatcopyfilmadalah ...
a.  Camera
b.  Processor
c.   Duplicator
d.  Reader

61.    Dibawah ini yang bukan merupakan metode pemeliharaan peralatan kantor ialah ...
a.  Kontrak layanan dengan pabrik atau perusahaan layanan
b.  Layanan oleh departemen layanan internal perusahaan
c.   Layanan oleh pegawai perusahaan
d.  Menggunakan perwakilan layanan pabrik per-panggilan tanpa kontrak
62.    Segalaupayauntukmengendalikanrisikoyangberkaitandengankegiatankerjagunaterciptanya tempatkerja yang aman, efisien danproduktif adalah pengertian ...
a.  Keselamatan kerja
b.  Kesehatan kerja
c.   Keselamatan dan kesehatan kerja
d.  Ketertiban kerja

63.    Tujuan dari keselamatan dan kesehatan kerja yang diadakan perusahaan yaitu ...
a.  Mempertahankan kenyamanan kerja
b.  Pengawasan yang konsekuen
c.   Kesederhanaan alur prosedur kerja
d.  Memperbanyak karyawan

64.    Unsur-unsur
1)  Kesederhanaan alur prosedur kerja
2)  Ketertiban pelaksanaan yang berkesinambungan dan
3)  Pengawasan yang konsekuen
Pernyataan diatas termasuk kedalam unsur ...
a.  Tujuan K3
b.  Supervisi K3
c.   Program K3
d.  Prinsip K3

65.    Yang bukan merupakan unsur-unsur pendukung kesehatan kerja ialah ...
a.  Usia
b.  Asuransi
c.   Tenaga kesehatan
d.  Peralatan medis

66.    Salah satu cara memilih jenis pakaian kerja yang aman ialah ...
a.  Memilih bahan dengan teliti, cari bahan yang nyaman dipakai
b.  Memakai celana yang terlalu panjang
c.   Memakai aksesoris saat bekerja di dalam bengkel atau ruang produksi
d.  Memilih model pakaian yang longgar

67.    Meliputikeselamatanpsikologisberupatekananemosi,kelelahanataukonflikjiwayangtak selesaimerupakandefinisidari ...
a.  Tafsiran operasional
b.  Tafsiran fungsional
c.   Tafsiran lingkungan
d.  Tafsiran psikologis

68.    Cara menangani luka
1)  Pastikan luka telihat
2)  Bersihkan daerah luka
3)  Balut dan tekan
4)  Cegah kontaminasi lanjut
Hal diatas yang temasuk cara manangani luka terbuka ialah ...
a.  1,2 dan 4
b.  2,3 dan 4
c.   1,2 dan 3
d.  2,3 dan 4

69.    Berikut ini yang bukan cara penanggulangan luka tertutup yang benar ialah ...
a.  Cegah kontaminasi lanjutan
b.  Istirahatkan anggota gerak
c.   Barikan kompres dingin
d.  Balut dan tekan

70.    Dalam pengaruh lingkungan hidup, yang bukan akibat dari bahan kimia ialah ...
a.  Terkena demam dan flu
b.  Gangguan metabolisme tubuh
c.   Gangguan saluran pencernaan
d.  Keracunan kronis


B.  BIDANG PEMBELAJARAN

71.  Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan ditetapkan melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor:
a.    57 Tahun 2014
b.    58 Tahun 2014
c.    59 Tahun 2014
d.   60 Tahun 2014.

72.    Tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik sekolah menengah kejuruan pada setiap tingkat kelas, disebut:
a.  Kompetensi inti.
b.  Kompetensi dasar
c.  Standar kompetensi
d.  Struktur kurikulum

73.    Kompetensi Inti pada Kurikulum 2013 terdiri atas, kecuali:
a.    Kompetensi Inti sikap spiritual
b.   Kompetensi Inti sikap sosial
c.    Kompetensi Inti pengetahuan
d.   Kompetensi Inti pemahaman.

74.    Kemampuan dan muatan pembelajaran untuk suatu mata pelajaran pada sekolah menengah kejuruan yang mengacu pada Kompetensi Inti, disebut:
a.  Kompetensi dasar.
b.  Kompetensi inti
c.  Kompetensi lulusan
d.  Kompetensi paedagogik

75.    Kompetensi Dasar pada Kurikulum 2013 merupakan penjabaran dari Kompetensi Inti yang terdiri atas, kecuali:
a.    Kompetensi Dasar sikap spiritual
b.   Kompetensi Dasar sikap sosial
c.    Kompetensi Dasar kepribadian.
d.   Kompetensi Dasar keterampilan

76.    Mata pelajaran Administrasi Perkantoran adalah kelompok mata pelajaran dasar kejuruan:
a.    Teknologi dan rekayasa
b.    Pariwisata
c.    Bisnis dan manajemen.
d.   Agrobisnis

77.    Rencana pembelajaran pada suatu mata pelajaran yang mencakup Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar, disebut:
a.    Kurikulum
b.    Silabus.
c.    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
d.   Satuan Pelajaran (SP)

78.    Silabus digunakan oleh pendidik sebagai acuan dalam penyusunan:
a.    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
b.   Kurikulum
c.    Kompetensi Inti (KI)
d.   Kompetensi Dasar (KD)

79.    Pedoman Mata Pelajaran merupakan profil utuh mata pelajaran yang berisi tentang, kecuali:
a.    Latar belakang dan karakteristik mata pelajaran
b.    Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar mata pelajaran
c.    Desain pembelajaran, model pembelajaran, penilaian, media dan sumber belajar
d.   Strategi pembelajaran dan metode pembelajaran.

80.    Pedoman Mata Pelajaran digunakan oleh pendidik untuk:
a.    Acuan dalam penyusunan dan penerapan rencana pelaksanaan pembelajaran.
b.   Acuan dalam penyusunan standar kompetensi
c.    Acuan dalam penyusunan kompetensi dasar
d.   Acuan dalam penyusunan kompetensi inti

81.    Jenjang terakhir tujuan pembelajaran dan ranah yang telah direvisi.
a. menilai
b. mencipta
c. mensintesis
d. menganalisis

82.    Komponen pertama Pengembangan Silabus dan RPP
a. Tujuan
b. Materi
c. Strategi
d. Evaluasi

83.    Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator harus menggunakan kata kerja yang bersifat operasional, kecuali:
a. Membaca
b. Menyanyi
c. Menguasai
d. Menjawab

84.    Langkah-langkah pembelajaran dikembangkan berdasarkan:
a. Strategi pembelajaran
b. Pendekatan pembelajaran
c. Metode pembelajaran
d. Teknik pembelajaran

85.    Manakah yang tergolong materi fakta ?
a. Peristiwa gempa bumi
b. Hukum Archimedes
c. Prosedur menabung
d. Ciri-ciri makhluk hidup

86.    Pengembangan Silabus dan penyusunan RPP merupakan dokumen pengembangan KTSP sesuai PerMenDikNas.
a. Nomor 14 Tahun 2007
b. Nomor 41 Tahun 2005
c. Nomor 14 Tahun 2005
d. Nomor 41 Tahun 2007

87.    Kegiatan inti pembelajaran yang dikembangkan dalam RPP, kecuali:
a. Eksplorasi
b. Elaborasi
c. Konfirmasi
d. Refleksi

88.    Komponen silabus dan RPP yang bukan komponen pengembangan:
a. Identitas mata pelajaran
b. Indikator
c. Sumber referensi
d. Alokasi waktu

89.    Fungsi bahan ajar modul/LKS
a. untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
b. untuk meningkatkan hasil belajar siswa
c. untuk mengisi waktu luang siswa
d. untuk menambah waktu belajar siswa

90.    Manakah bahan ajar yang lengkap dan dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran ?
a. Buku
b. Video
c. Modul
d. Surat kabar

91.    Syarat-syarat penulisan LKS , kecuali:
a. sesuai dengan silabus dan RPP
b. tersedia tipe tugas atau latihan
c. mudah dipahami siswa
d. alur penyajian tidak sistematis

92.    Media pembelajaran dalam sistem komunikasi merupakan komponen:
a. Sumber
b. Pesan
c. Saluran
d. Penerima

93.    Kriteria utama dalam memilih media:
a. Kemampuan media
b. Tujuan pembelajaran
c. Jumlah siswa
d. Kemudahan penggunaan

94.    Media yang merupakan objek pengganti, kecuali:
a. Mock up
b. Simulator
c. Model
d. Realia

95.    Kriteria pertama pemilihan media yang berbasis teknologi komputer
a. Akses
b. Biaya
c. Kemudahan penggunaan
d. Kecepatan

96.    Komponen media yang dibuat sendiri oleh guru, kecuali:
a. Tujuan
b. Materi
c. Strategi
d. Evaluasi

97.    Manfaat media pembelajaran kecuali:
a. Meningkatkan perhatian siswa
b. Memberikan kesamaan persepsi materi pembelajaran
c. Memberikan hiburan kepada siswa
d. Memberikan rangsangan pada indera siswa.

98.    Tes objektif seperti pilihan ganda dikategorikan metode penilaian:
a. kognitif
b. afektif
c. psikomotorik
d. tertulis

99.    Teknik penilaian hasil belajar untuk mengukur penguasaan kompetensi siswa secara alamiah, kecuali:
a. skala penilaian diri sendiri
b. lembar observasi
c. skala sikap
d. daftar pertanyaan

100.Bentuk kinerja siswa yang dapat dinilai, kecuali:
a. portofolio
b. hasil karya
c. proyek
d. kognisi



demikianlah soal diatas semoga bermanfaat bagi kita semua, salam sukses iringilah setiap usaha dengan doa, lakukanlah yang terbaik untuk negeri dan bangsamu ini..

0 comments:

Post a Comment