SOAL-SOAL KEPENDIDIKAN
A.
BELAJAR DAN
PEMBELAJARAN
1.
Pak
Rudi menemukan masalah kesulitan belajar yang dialami siswa SMK yang disebabkan
oleh kebiasaan belajar yang salah. Langkah yang paling tepat dilakukan untuk
mengatasi kesulitan belajar demikian, adalah:
a.
Tunjukkan
dampak kebiasaan belajar yang salah terhadap prestasi belajar
b.
Berikan
kesempatan kepada siswa untuk mendiskusikan aspirasinya secara rasional
c.
Ciptakan
iklim sosial yang sehat antara guru dan siswa dan antara siswa dalam kelas
d.
Berikan
kesempatan memperoleh pengalaman yang menyenangkan atau untuk memperoleh
kesuksesan dalam belajar meskipun prestasinya minim
2.
Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:
1)
Faktor-faktor situasi yang tidak kondusif yang
dialami oleh siswa
2)
Kapasitas belajar (tingkat kecerdasan) yang rendah
3)
Bakat khusus yang tidak sesuai dengan bidang
tertentu
4)
Populasi siswa dalam kelas yang terlalu besar
Pernyataan
di atas yang merupakan faktor penyebab kesulitan belajar yang bersumber dari
dalam diri siswa adalah pernyataan:
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 3 dan 4
3.
Beberapa
siswa memiliki kecenderungan belajar berupa mengerjakan soal atau tugas dengan
cepat tetapi hasilnya banyak kesalahan. Gaya belajar para siswa tersebut,
adalah….
a. Implusif (mengikuti dorongan kata hati)
b. Reflektif (Berfikir kemudian bereaksi)
c. Field Dependen (Gaya berpikir terikat)
d. Field Independen (Gaya berpikir bebas)
4.
Salah satu ciri teori belajar rekonstruksionisme
dalam proses pembelajaran adalah…..
a. Pembelajaran mengutamakan kondisi
lingkungan
b. Guru memanfaatkan secara optimal
pemberian penguatan
c. Pengetahuan dibangun sedikit demi
sedikit, hasilnya diperluas melalui konteks yang terbatas
d. Kegiatan pembelajaran dipilih atas
dasar minat siswa
5.
Perhatikan
pernyataan-pernyataan berikut:
1) Pembelajaran mengutaakan
bagian-bagian kecil
2) Pembelajaran mementingkan
pembentukan stimulus dan respon
3) Pengetahuan ditemukan sendiri
oleh siswa melalui pengalaman belajar mandiri
4) Siswa menentukan sendiri apa yang
akan dipelajari
Dari
pernyataan di atas yang merupakan karakteristik teori belajar behavioristic
(tingkah laku) adalah…
a. 2 dan 3
b. 3 dan 4
c. 1 dan 2
d. 1 dan 4
6.
Upaya
guru menata setting pembelajaran dengan memanfaatkan segala unsur-unsur yang
ada di kelas sebagai alat bantu pembelajaran adalah….
a.
Memajang
karya terbaik siswa pada dinding kelas
b.
Memajang
gambar ciri khas kota-kota besar diseluruh dunia
c.
Menugaskan
siswa memakai baju adat pada hari besar Nasional
d.
Menyiapkan
media sederhana dan murah baik dilakukan oleh guru maupun degan menugaskan
siswa
7.
Kegiatan guru
memberikan penguatan (reinforcement)
berbentuk gestur dalam kegiatan
pembelajaran adalah…..
a. Memberikan hadiah kepada siswa
karena nilainya meningkat
b. Mengangguk-anggukkan kepala
disertai muka ceria kepada siswa yang menjawabdengan tepat
c. Menegur siswa yang salah dalam
memberikan jawaban
d. Memberikan acungan jempol kepada siswa yang menjawab dengan benar
8.
Penyediaan sistem lingkungan yang mengakibatkan
terjadinya proses belajar pada diri siswa disebut……
a.
Pengajaran
b. Belajar
c. Pembelajaran
d. Belajar dan Mengajar
9.
Jenis-jenis
perilaku yang menjadi dasar dalam penentuan dan perumusan tujuan
belajar-pembelajaran meliputi:…..
a. Perilaku ranah kognitif
b. Perilaku ranah afektif
c. Perilaku psikomotorik
d. Semuanya benar
10. Upaya untuk
menganalisis hasil penilaian proses antara lain berupa kegiatan guru….
a. Memeriksa dan memberikan nilai terhadap hasil catatan aktivitas tiap
siswa dalam kegiatan di kelas
b. Melakukan wawancara tambahan dengan siswa yang beraktivitas sangat
positif
c. Merencanakan pembelajaran remedial bagi siswa yang kurang baik
berdasarkan penilaian non tes
d. Melakukan wawancara tambahan dengan siswa yang beraktivitas kurang baik
B.
PENGANTAR
PENDIDIKAN
11. Undang-undang yang mengatur sistem pendidikan nasional adalah…
a. Undang-undang nomor 2 tahun 1999
b. Undang-undang nomor 14 tahun 2005
c. Undang-undang nomor 19 tahun 2005
d.
Undang-undang
nomor 20 tahun 2003
12. Perkembangan manusia ditentukan oleh faktor-faktor yang dibawa individu
pada waktu dilahirkan. Pernyataan tersebut merupakan pendapat dari teori…..
a.
Nativisme
b.
Emperisme
c.
Konvergensi
d.
Humanisme
13.
Usaha
sadar yang dilakukan untuk mendewasakan peserta didik, merupakan pengertian
dari….
a.
Pengajaran
b.
Pendidikan
c.
Pengetahuan
d.
Pembelajaran
14.
Yang
mana merupakan komponen pendidikan di bawah ini adalah…….
a.
Peserta
didik, pendidik, tujuan pendidikan
b.
Pendidik,
media pendidikan, rencana pembelajaran
c.
Tujuan
instruksional, metode, evaluasi
d.
Lingkungan
pendidikan, kurikulum, pendekatan pembelajaran
15.
Landasan
pendidikan yang berkaitan dengan makna atau hakikat pendidikan yang berusaha
menelaah masalah-masalah pokok pendidikan adalah……
a.
Landasan
sosiologis
b.
Landasan
psikologis
c.
Landasan
filosofis
d.
Landasan
kultural
16.
Asas-asas
pokok pendidikan merupakan sesuatu kebenaran yang menjadi dasar atau tumpuan
berpikir baik tahap perencanaan maupun pelaksanaan pendidikan. Berikut ini yang
merupakan asas pokok pendidikan adalah, kecuali….
a.
Asas
Tut Wuri Handayani
b.
Asas
belajar sepanjang hayat
c.
Asas
kemandirian dalam belajar
d.
AsaS manfaat belajar
17.
Pendidikan terjadi karena adanya interaksi antara manusia dan
lingkungannya. Berikut ini yang merupakan tiga lingkungan utama pendidikan (Tri
Pusat Pendidikan), adalah….
a.
Lingkungan keluarga, alam sekitar, dan masyarakat
b.
Lingkungan sekolah, masyarakat, dan alam sekitar
c.
Lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat
d.
Lingkungan keluarga, sekolah, dan alam sekitar
18.
Permasalahan pokok pendidikan yang sampai saat ini belum
terpecahkan secara tuntas adalah masalah pemerataan pendidikan, mutu
pendidikan, efisiensi, dan relevansi pendidikan. Masalah pokok pendidikan yang
berkaitan dengan penyediaan kesempatan yang seluas-luasnya kepada seluruh warga
Negara untuk memperoleh pendidikan, adalah…
a.
Masalah relevansi pendidikan
b.
Masalah efisiensi pendidikan
c.
Masalah pemerataan pendidikan
d.
Masalah mutu pendidikan
19.
Permasalahan pokok pendidikan yang berkaitan dengan sejauh
mana sistem pendidikan dapat menghasilkan luaran yang sesuai dengan kebutuhan
pembangunan, adalah…..
a.
Masalah relevansi pendidikan
b.
Masalah efisiensi pendidikan
c.
Masalah pemerataan pendidikan
d.
Masalah mutu pendidikan
20.
Penyelenggaraan sistem pendidikan nasional dilaksanakan
melalui dua jalur, yaitu…..
a.
Jalur pendidikan sekolah dan jalur pendidikan luar sekolah
b.
Jalur pendidikan dasar dan jalur pendidikan menengah
c.
Jalur pendidikan sekolah dan jalur pendidikan keluarga
d.
Jalur pendidikan keluarga dan jalur pendidikan masyarakat
C.
PROFESI KEGURUAN
21.
Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini:
1) Membutuhkan waktu pendidikan dan latihan yang khusus dan
memadai
2) Memiliki kesempatan kerja yang memadai
3) Memiliki kode etik dan asosiasi profesi
4) Membutuhkan kekuatan fisik dan psikhis yang baik
Pernyataan tersebut
di atas yang merupakan ciri suatu profesi adalah….
a.
Pernyataan 1 dan 2
b.
Pernyataan 2 dan 3
c.
Pernyataan 1 dan 3
d.
Pernyataan 2 dan 4
22. Undang-undang yang mengatur tentang Guru dan Dosen, adalah…
a. Undang-undang nomor 2 tahun 1999
b. Undang-undang nomor 14 tahun 2005
c. Undang-undang nomor 19 tahun 2005
d. Undang-undang nomor 20 tahun 2003
23.
Pekerjaan berikut ini yang merupakan profesi adalah….
a.
Tukang kayu, bidan dan guru
b.
Guru, sopir taksi, dan perawat
c.
Dokter, guru, dan tukang batu
d.
Guru, dokter, dan perawat
24.
Suatu
bidang pekerjaan tertentu yang menuntut persyaratan khusus sehingga meyakinkan
dan memperoleh kepercayaan pihak yang memerlukannya. Pernyataan tersebut
merupkan pengertian…..
a.
Profesi
b.
Profesional
c.
Profesionalisasi
d.
Profesionalisme
25.
Suatu pekerjaan yang dilengkapi dengan keahlian yang
memenuhi persyaratan khusus tertentu, sesuai dengan yang dituntut oleh profesi
yang bersangkutan. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari....
a.
Profesi
b.
Profesional
c.
Profesionalisasi
d.
Profesionalisme
26.
Guru profesional dituntut untuk memiliki empat kompetensi,
yaitu kompetensi paedagogik, kompetensi social, kompetensi kepribadian dan
kompetensi profesional. Kemampuan
penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam, penguasaan bidang
studi/sumber bahan ajar atau penguasaan bidang studi keahlian, menguasai
struktur metode dan keilmuannya, merupakan ….
a.
Kompetensi paedagogik
b.
Kompetensi sosial
c.
Kompetensi kepribadian
d.
Kompetensi profesional
27.
Kemampuan
guru mengelola pembelajaran yang meliputi pemahaman terhadap wawasan dan
landasan kependidikan, peserta didik, pengembangan kurikulum dan silabus,
merupakan…….
a.
Kompetensi pedagogik
b.
Kompetensi sosial
c.
Kompetensi kepribadian
d.
Kompetensi profesional
28. Pembinaan
dan pengembangan profesi guru dapat dilakukan melalui dua jalur pembinaan,
yaitu....
a. Pembinaan
dan pengembangan keilmuan dan pengembangan bakat dan minat
b. Pembinaan
dan pengembangan profesi, dan pembinaan dan pengembangan karir
c. Pembinaan
melalui diklat dan pembinaan melalui
studi lanjut
d. Pengembangan
karier melalui kenaikan pangkat dan jabatan
29.
Upaya pembinaan yang dilakukan oleh kepala sekolah dan
pengawas pendidikan untuk meningkatkan kinerja guru, adalah melalui….
a.
Pemberian tugas belajar
b.
Pemberian kenaikan pangkat
c.
Supervisi pendidikan/pengajaran
d.
Bimbingan dan penyuluhan
30.
Faktor-faktor berikut ini yang harus dimiliki oleh guru agar
dijadikan sebagai teladan bagi siswanya…..
a.
Memiliki sikap, perilaku dan ucapan yang layak diteladani.
b.
Memiliki kemampuan intelektual yang tinggi
c.
Memiliki kedudukan sosial yang memadai
d.
Memiliki kepekaan sosial yang baik
D.
PERKEMBANGAN
PESERTA DIDIK
31.
Perubahan yang terjadi pada diri siswa yang berkaitan
dengan aspek psikologis dan sosial disebut…..
a.
Pertumbuhan
b.
Perkembangan
c.
Kedewasaan
d.
Kematangan
32. Prosesperkembangan prilakudanpribadidipengaruhiolehtigafaktordominanyaitu...
a. Bawaan,kematangan,lingkungan
b.
Intelegensi,kepribadian,bawaan
c.
Kematangan,kepribadian,lingkungan
d.
Intelegensi,lingkungan,kepribadian
33. Ketidakselarasanantarakeinginanatauminatseseorangdenganbakatkhususnyaseringmembawakesulitan jugadalammemilih programjurusanjenissekolahyangakandimasukinyamerupakan
masalahyangtimbul berkenaandengan...
a.
Perkembangan perilakusosial
b.
Perkembangan
perilakukognitif
c.
Perkembangan perilakuafektif
d.
Perkembangan perilakupsikomotorik
34. Berikutinimerupakan
contohmasalahyangtimbulpadaremajaakibatperkembangan sosial,moralitas dan keagamaanyaitu...
a. Hidupdalam
suasanaremajaberkepanjangan
b. Adanyakonflikdenganorangtuayangkadangremajainginmeninggalkan
rumah
c. Mudahsekalidigerakkanuntukmelakukangerakanataukegiatandestruktif
d. Merasamengalamikegagalan terhadapapayangingindicapainya
35. Penyesuaiandiriyangmengisyaratkan bahwaindividu
seakan-akan
mendapat tekanan untukharus
selalu
mampu
menghindarkan diridaripenyimpangan perilaku
baiksecaramoral,sosial,danemosionalmerupakan penyesuaiandiri sebagaibentuk....
a.
Adaptasi
b.
Konformitas
c.
Penguasaan
d.
Perilaku
36. Mekanismepertahanandiri menurutSigmundFreudmeliputi...
a.
Kreditas,proyeksi,konflik
b.
Rasionallisasi,proyeksi,regresi
c.
Konflik,frustasi,identifikasi
d.
Frustasi,sublimasi,kreditas
37. Unsur kepribadianyangpentingpengaruhnyaterhadappenyesuaiandiri siswa adalah...
a.
Pendidikan
b.
Pengalaman
c.
Penerimaan
d.
Intelegensi
38. Remaja putri
lebih
suka berdandan
dan berhias untuk menarik
lawan
jenisnyaHaltersebut merupakan perkembangan
remajadalam...
a.
Mancapaiperansosialpriadanwanita
b.
Menerimakeadaanfisiknyadanmenggunakannya
secaraefektif
c.
Mengharapkan tingkahlakusosialyangbertanggungjawab
d.
Memperolehsuatuhimpunannilai-nilaidansistemetikasebagaipedomantingkahlaku
39. Hal berikutiniyangbukanmerupakanakibatmunculnyatugas-tugasperkembangan adalah….
a.
Kematanganfisik
b.
Aspirasibudaya
c.
Aspirasiindividu
d.
Hukum alam
40. Menilai intensitas
penilaian,
menunda perasaan, memahami
stres, dan
mengendalikan dorongan hati merupakancaramengembangkan keterampilan...
a.
Kognitif
b.
Afektif
c.
Emosional
d.
Psikomotirik
E.
PERENCANAAN PEMBELAJARAN
BSAP
41.
Kurikulum
2013 Sekolah Menengah Kejuruan ditetapkan melalui Peraturan Menteri Pendidikan
dan Kebudayaan nomor:
a. 57 Tahun 2014
b. 58 Tahun 2014
c. 59 Tahun 2014
d. 60 Tahun 2014
42. Rencana pembelajaran pada suatu mata pelajaran yang mencakup Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, materi pembelajaran, kegiatan
pembelajaran, penilaian, alokasi waktu,
dan sumber belajar, disebut:
a. Kurikulum
b. Silabus
c. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
d. Satuan Pelajaran (SP)
43. Silabus digunakan
oleh pendidik sebagai acuan
dalam penyusunan:
a. Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP)
b. Kurikulum
c. Kompetensi Inti (KI)
d. Kompetensi Dasar
44.
Perumusan
standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator harus menggunakan kata kerja
yang bersifat operasional, kecuali:
a. Membaca
b. Menyanyi
c. Menguasai
d. Menjawab
45.
Pengembangan Silabus dan penyusunan RPP merupakan dokumen
pengembangan KTSP sesuai PerMenDikNas.
a. Nomor 14 Tahun
2007
b. Nomor 41 Tahun
2005
c. Nomor 14 Tahun
2005
d. Nomor 41 Tahun
2007
46.
Kegiatan inti pembelajaran yang dikembangkan dalam RPP,
kecuali:
a. Eksplorasi
b. Elaborasi
c. Konfirmasi
d. Refleksi
47.
Komponen silabus dan RPP yang bukan komponen pengembangan:
a. Identitas mata
pelajaran
b. Indikator
c. Sumber referensi
d. Alokasi waktu
48.
Fungsi bahan ajar modul/LKS
a. untuk mengetahui
tingkat pemahaman siswa
b. untuk
meningkatkan hasil belajar siswa
c. untuk mengisi
waktu luang siswa
d. untuk menambah
waktu belajar siswa
49.
Kriteria utama dalam memilih media:
a. Kemampuan media
b. Tujuan
pembelajaran
c. Jumlah siswa
d. Kemudahan
penggunaan
50.
Tes objektif seperti pilihan ganda dikategorikan metode penilaian:
a. kognitif
b. afektif
c. psikomotorik
d. tertulis
JANGAN PUTUS ASA DALAM MENCOBA PERBAIKI DIRI DAN TETAP TERUS BELAJAR, SAMPAI AKHIR WAKTUNYA TIBA UNTUK KEMBALI, IRINGALAH SETIAP LANGKAH KECILMU DENGAN DOA. MINTALAH PETUNJUK DARI YANG KUASA. SALAM SUKSES KU PERSEMBAHKAN UNTUKMU. WUJUDKAN CITA-CITA NEGERIMU.
0 comments:
Post a Comment