Thursday 26 October 2017

SOAL KEPENDIDIKAN PEDAGOGIK



SOAL-SOAL KEPENDIDIKAN


A.      BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

1.        Pak Rudi menemukan masalah kesulitan belajar yang dialami siswa SMK yang disebabkan oleh kebiasaan belajar yang salah. Langkah yang paling tepat dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar demikian, adalah:
a.    Tunjukkan dampak kebiasaan belajar yang salah terhadap prestasi belajar
b.   Berikan kesempatan kepada siswa untuk mendiskusikan aspirasinya secara rasional
c.    Ciptakan iklim sosial yang sehat antara guru dan siswa dan antara siswa dalam kelas
d.   Berikan kesempatan memperoleh pengalaman yang menyenangkan atau untuk memperoleh kesuksesan dalam belajar meskipun prestasinya minim

2.        Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:
1)    Faktor-faktor situasi yang tidak kondusif yang dialami oleh siswa
2)    Kapasitas belajar (tingkat kecerdasan) yang rendah
3)    Bakat khusus yang tidak sesuai dengan bidang tertentu
4)    Populasi siswa dalam kelas yang terlalu besar
Pernyataan di atas yang merupakan faktor penyebab kesulitan belajar yang bersumber dari dalam diri siswa adalah pernyataan:
a.  1 dan 2
b.  1 dan 3
c.  2 dan 3
d.  3 dan 4

3.        Beberapa siswa memiliki kecenderungan belajar berupa mengerjakan soal atau tugas dengan cepat tetapi hasilnya banyak kesalahan. Gaya belajar para siswa tersebut, adalah….
a.    Implusif (mengikuti dorongan kata hati)
b.   Reflektif (Berfikir kemudian bereaksi)
c.    Field Dependen (Gaya berpikir terikat)
d.   Field Independen (Gaya berpikir bebas)

4.        Salah satu ciri teori belajar rekonstruksionisme dalam proses pembelajaran adalah…..
a.  Pembelajaran mengutamakan kondisi lingkungan
b.  Guru memanfaatkan secara optimal pemberian penguatan
c.  Pengetahuan dibangun sedikit demi sedikit, hasilnya diperluas melalui konteks yang terbatas
d.  Kegiatan pembelajaran dipilih atas dasar minat siswa

5.        Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:
1)    Pembelajaran mengutaakan bagian-bagian kecil
2)    Pembelajaran mementingkan pembentukan stimulus dan respon
3)    Pengetahuan ditemukan sendiri oleh siswa melalui pengalaman belajar mandiri
4)    Siswa menentukan sendiri apa yang akan dipelajari
       Dari pernyataan di atas yang merupakan karakteristik teori belajar behavioristic (tingkah laku) adalah…
a.    2 dan 3
b.   3 dan 4
c.    1 dan 2
d.   1 dan 4

6.        Upaya guru menata setting pembelajaran dengan memanfaatkan segala unsur-unsur yang ada di kelas sebagai alat bantu pembelajaran adalah….
a.    Memajang karya terbaik siswa pada dinding kelas
b.   Memajang gambar ciri khas kota-kota besar diseluruh dunia
c.    Menugaskan siswa memakai baju adat pada hari besar Nasional
d.   Menyiapkan media sederhana dan murah baik dilakukan oleh guru maupun degan menugaskan siswa

7.        Kegiatan guru memberikan penguatan (reinforcement) berbentuk gestur dalam kegiatan pembelajaran adalah…..
a.    Memberikan hadiah kepada siswa karena nilainya meningkat
b.   Mengangguk-anggukkan kepala disertai muka ceria kepada siswa yang menjawabdengan tepat
c.    Menegur siswa yang salah dalam memberikan jawaban
d.   Memberikan acungan jempol kepada siswa yang menjawab dengan benar

8.        Penyediaan sistem lingkungan yang mengakibatkan terjadinya proses belajar pada diri siswa disebut……
a.    Pengajaran
b.   Belajar
c.    Pembelajaran
d.   Belajar dan Mengajar

9.        Jenis-jenis perilaku yang menjadi dasar dalam penentuan dan perumusan tujuan belajar-pembelajaran meliputi:…..
a.    Perilaku ranah kognitif
b.    Perilaku ranah afektif
c.     Perilaku psikomotorik
d.   Semuanya benar

10.    Upaya untuk menganalisis hasil penilaian proses antara lain berupa kegiatan guru….
a.    Memeriksa dan memberikan nilai terhadap hasil catatan aktivitas tiap siswa dalam kegiatan di kelas
b.   Melakukan wawancara tambahan dengan siswa yang beraktivitas sangat positif
c.    Merencanakan pembelajaran remedial bagi siswa yang kurang baik berdasarkan penilaian non tes
d.   Melakukan wawancara tambahan dengan siswa yang beraktivitas kurang baik



B.       PENGANTAR PENDIDIKAN

11.    Undang-undang yang mengatur sistem pendidikan nasional adalah…
a.      Undang-undang nomor 2 tahun 1999
b.      Undang-undang nomor 14 tahun 2005
c.       Undang-undang nomor 19 tahun 2005
d.     Undang-undang nomor 20 tahun 2003

12.    Perkembangan manusia ditentukan oleh faktor-faktor yang dibawa individu pada waktu dilahirkan. Pernyataan tersebut merupakan pendapat dari teori…..
a.      Nativisme
b.      Emperisme
c.       Konvergensi
d.     Humanisme

13.    Usaha sadar yang dilakukan untuk mendewasakan peserta didik, merupakan pengertian dari….
a.      Pengajaran
b.      Pendidikan
c.       Pengetahuan
d.     Pembelajaran

14.    Yang mana merupakan komponen pendidikan di bawah ini adalah…….
a.      Peserta didik, pendidik, tujuan pendidikan
b.      Pendidik, media pendidikan, rencana pembelajaran
c.       Tujuan instruksional, metode, evaluasi
d.     Lingkungan pendidikan, kurikulum, pendekatan pembelajaran

15.    Landasan pendidikan yang berkaitan dengan makna atau hakikat pendidikan yang berusaha menelaah masalah-masalah pokok pendidikan adalah……
a.      Landasan sosiologis
b.      Landasan psikologis
c.       Landasan filosofis
d.     Landasan kultural

16.    Asas-asas pokok pendidikan merupakan sesuatu kebenaran yang menjadi dasar atau tumpuan berpikir baik tahap perencanaan maupun pelaksanaan pendidikan. Berikut ini yang merupakan asas pokok pendidikan adalah, kecuali….
a.      Asas Tut Wuri Handayani
b.      Asas belajar sepanjang hayat
c.       Asas kemandirian dalam belajar
d.     AsaS manfaat belajar

17.    Pendidikan terjadi karena adanya interaksi antara manusia dan lingkungannya. Berikut ini yang merupakan tiga lingkungan utama pendidikan (Tri Pusat Pendidikan), adalah….
a.      Lingkungan keluarga, alam sekitar, dan masyarakat
b.      Lingkungan sekolah, masyarakat, dan alam sekitar
c.       Lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat
d.     Lingkungan keluarga, sekolah, dan alam sekitar

18.    Permasalahan pokok pendidikan yang sampai saat ini belum terpecahkan secara tuntas adalah masalah pemerataan pendidikan, mutu pendidikan, efisiensi, dan relevansi pendidikan. Masalah pokok pendidikan yang berkaitan dengan penyediaan kesempatan yang seluas-luasnya kepada seluruh warga Negara untuk memperoleh pendidikan, adalah…
a.      Masalah relevansi pendidikan
b.      Masalah efisiensi pendidikan
c.       Masalah pemerataan pendidikan
d.     Masalah mutu pendidikan

19.    Permasalahan pokok pendidikan yang berkaitan dengan sejauh mana sistem pendidikan dapat menghasilkan luaran yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan, adalah…..
a.      Masalah relevansi pendidikan
b.      Masalah efisiensi pendidikan
c.       Masalah pemerataan pendidikan
d.     Masalah mutu pendidikan


20.    Penyelenggaraan sistem pendidikan nasional dilaksanakan melalui dua jalur, yaitu…..
a.      Jalur pendidikan sekolah dan jalur pendidikan luar sekolah
b.      Jalur pendidikan dasar dan jalur pendidikan menengah
c.       Jalur pendidikan sekolah dan jalur pendidikan keluarga
d.     Jalur pendidikan keluarga dan jalur pendidikan masyarakat



C.       PROFESI KEGURUAN

21.    Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini:
1)      Membutuhkan waktu pendidikan dan latihan yang khusus dan memadai
2)      Memiliki kesempatan kerja yang memadai
3)      Memiliki kode etik dan asosiasi profesi
4)      Membutuhkan kekuatan fisik dan psikhis yang baik
Pernyataan tersebut di atas yang merupakan ciri suatu profesi adalah….
a.      Pernyataan 1 dan 2
b.      Pernyataan 2 dan 3
c.       Pernyataan 1 dan 3
d.     Pernyataan 2 dan 4

22.    Undang-undang yang mengatur tentang Guru dan Dosen, adalah…
a.      Undang-undang nomor 2 tahun 1999
b.      Undang-undang nomor 14 tahun 2005
c.       Undang-undang nomor  19 tahun 2005
d.     Undang-undang nomor 20 tahun 2003

23.    Pekerjaan berikut ini yang merupakan profesi adalah….
a.      Tukang kayu, bidan dan guru
b.      Guru, sopir taksi, dan perawat
c.       Dokter, guru, dan tukang batu
d.     Guru, dokter, dan perawat

24.    Suatu bidang pekerjaan tertentu yang menuntut persyaratan khusus sehingga meyakinkan dan memperoleh kepercayaan pihak yang memerlukannya. Pernyataan tersebut merupkan pengertian…..
a.      Profesi
b.      Profesional
c.       Profesionalisasi
d.     Profesionalisme

25.    Suatu pekerjaan yang dilengkapi dengan keahlian yang memenuhi persyaratan khusus tertentu, sesuai dengan yang dituntut oleh profesi yang bersangkutan. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari....
a.      Profesi
b.      Profesional
c.       Profesionalisasi
d.     Profesionalisme

26.    Guru profesional dituntut untuk memiliki empat kompetensi, yaitu kompetensi paedagogik, kompetensi social, kompetensi kepribadian dan kompetensi profesional. Kemampuan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam, penguasaan bidang studi/sumber bahan ajar atau penguasaan bidang studi keahlian, menguasai struktur metode dan keilmuannya, merupakan ….
a.      Kompetensi paedagogik
b.      Kompetensi sosial
c.       Kompetensi kepribadian
d.     Kompetensi profesional

27.    Kemampuan guru mengelola pembelajaran yang meliputi pemahaman terhadap wawasan dan landasan kependidikan, peserta didik, pengembangan kurikulum dan silabus, merupakan…….
a.    Kompetensi pedagogik
b.    Kompetensi sosial
c.     Kompetensi kepribadian
d.   Kompetensi profesional

28.    Pembinaan dan pengembangan profesi guru dapat dilakukan melalui dua jalur pembinaan, yaitu....
a.      Pembinaan dan pengembangan keilmuan dan pengembangan bakat dan minat
b.      Pembinaan dan pengembangan profesi, dan pembinaan dan pengembangan karir
c.       Pembinaan melalui  diklat dan pembinaan melalui studi lanjut
d.     Pengembangan karier melalui kenaikan pangkat dan jabatan

29.    Upaya pembinaan yang dilakukan oleh kepala sekolah dan pengawas pendidikan untuk meningkatkan kinerja guru, adalah melalui….
a.      Pemberian tugas belajar
b.      Pemberian kenaikan pangkat
c.       Supervisi pendidikan/pengajaran
d.     Bimbingan dan penyuluhan

30.    Faktor-faktor berikut ini yang harus dimiliki oleh guru agar dijadikan sebagai teladan bagi siswanya…..
a.      Memiliki sikap, perilaku dan ucapan yang layak diteladani.
b.      Memiliki kemampuan intelektual yang tinggi
c.       Memiliki kedudukan sosial yang memadai
d.     Memiliki kepekaan sosial yang baik


D.      PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

31.    Perubahan yang terjadi pada diri siswa yang berkaitan dengan aspek psikologis dan sosial disebut…..
a.      Pertumbuhan
b.      Perkembangan
c.       Kedewasaan
d.     Kematangan

32.    Prosesperkembangan  prilakudanpribadidipengaruhiolehtigafaktordominanyaitu...
a.       Bawaan,kematangan,lingkungan
b.      Intelegensi,kepribadian,bawaan
c.       Kematangan,kepribadian,lingkungan
d.      Intelegensi,lingkungan,kepribadian

33.    Ketidakselarasanantarakeinginanatauminatseseorangdenganbakatkhususnyaseringmembawakesulitan jugadalammemilih  programjurusanjenissekolahyangakandimasukinyamerupakan  masalahyangtimbul berkenaandengan...
a.       Perkembangan  perilakusosial
b.      Perkembangaperilakukognitif
c.       Perkembangan  perilakuafektif
d.      Perkembangan  perilakupsikomotorik

34.    Berikutinimerupakan contohmasalahyangtimbulpadaremajaakibatperkembangan  sosial,moralitas  dan keagamaanyaitu...
a.      Hidupdalam suasanaremajaberkepanjangan
b.      Adanyakonflikdenganorangtuayangkadangremajainginmeninggalkan rumah
c.       Mudahsekalidigerakkanuntukmelakukangerakanataukegiatandestruktif
d.     Merasamengalamikegagalan terhadapapayangingindicapainya

35.    Penyesuaiandiriyangmengisyaratkan bahwaindividu seakan-akan mendapat tekanan untukharus  selalu mampu  menghindarkan  diridaripenyimpangan  perilaku  baiksecaramoral,sosial,danemosionalmerupakan penyesuaiandiri sebagaibentuk....
a.    Adaptasi
b.    Konformitas
c.    Penguasaan
d.    Perilaku

36.    Mekanismepertahanandiri menurutSigmundFreudmeliputi...
a.    Kreditas,proyeksi,konflik
b.    Rasionallisasi,proyeksi,regresi
c.    Konflik,frustasi,identifikasi
d.    Frustasi,sublimasi,kreditas

37.    Unsur kepribadianyangpentingpengaruhnyaterhadappenyesuaiandiri siswa adalah...
a.    Pendidikan
b.    Pengalaman
c.    Penerimaan
d.    Intelegensi

38.    Remaja  putri  lebih  suka  berdandan  dan  berhias  untuk  menarik  lawan  jenisnyaHaltersebut  merupakan perkembangan  remajadalam...
a.    Mancapaiperansosialpriadanwanita
b.    Menerimakeadaanfisiknyadanmenggunakannya  secaraefektif
c.    Mengharapkan  tingkahlakusosialyangbertanggungjawab
d.    Memperolehsuatuhimpunannilai-nilaidansistemetikasebagaipedomantingkahlaku

39.    Hal berikutiniyangbukanmerupakanakibatmunculnyatugas-tugasperkembangan adalah….
a.    Kematanganfisik
b.    Aspirasibudaya
c.    Aspirasiindividu
d.    Hukum alam

40.    Menilai intensitas penilaian, menunda perasaan, memahami stres, dan mengendalikan dorongan hati merupakancaramengembangkan keterampilan...
a.    Kognitif
b.    Afektif
c.    Emosional
d.    Psikomotirik









E.        PERENCANAAN PEMBELAJARAN BSAP

41.    Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan ditetapkan melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor:
a.    57 Tahun 2014
b.   58 Tahun 2014
c.    59 Tahun 2014
d.   60 Tahun 2014

42.    Rencana pembelajaran pada suatu mata pelajaran yang mencakup Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar, disebut:
a.    Kurikulum
b.   Silabus
c.    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
d.   Satuan Pelajaran (SP)

43.    Silabus digunakan oleh pendidik sebagai acuan dalam penyusunan:
a.    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
b.   Kurikulum
c.    Kompetensi Inti (KI)
d.   Kompetensi Dasar

44.    Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator harus menggunakan kata kerja yang bersifat operasional, kecuali:
a. Membaca
b. Menyanyi
c. Menguasai
d. Menjawab

45.    Pengembangan Silabus dan penyusunan RPP merupakan dokumen pengembangan KTSP sesuai PerMenDikNas.
a. Nomor 14 Tahun 2007
b. Nomor 41 Tahun 2005
c. Nomor 14 Tahun 2005
d. Nomor 41 Tahun 2007 

46.    Kegiatan inti pembelajaran yang dikembangkan dalam RPP, kecuali:
a. Eksplorasi
b. Elaborasi
c. Konfirmasi
d. Refleksi

47.    Komponen silabus dan RPP yang bukan komponen pengembangan:
a. Identitas mata pelajaran
b. Indikator
c. Sumber referensi
d. Alokasi waktu

48.    Fungsi bahan ajar modul/LKS
a. untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
b. untuk meningkatkan hasil belajar siswa
c. untuk mengisi waktu luang siswa
d. untuk menambah waktu belajar siswa

49.    Kriteria utama dalam memilih media:
a. Kemampuan media
b. Tujuan pembelajaran
c. Jumlah siswa
d. Kemudahan penggunaan

50.    Tes objektif seperti pilihan ganda dikategorikan metode penilaian:
a. kognitif
b. afektif
c. psikomotorik
d. tertulis





JANGAN PUTUS ASA DALAM MENCOBA PERBAIKI DIRI DAN TETAP TERUS BELAJAR, SAMPAI AKHIR WAKTUNYA TIBA UNTUK KEMBALI, IRINGALAH SETIAP LANGKAH KECILMU DENGAN DOA. MINTALAH PETUNJUK DARI YANG KUASA. SALAM SUKSES KU PERSEMBAHKAN UNTUKMU. WUJUDKAN CITA-CITA NEGERIMU.

0 comments:

Post a Comment